Blog Pemula

23 July 2011

"invalid partition table" , how to fix?

Temen2 pernah ada yg mengalami masalah seperti "invalid partition table" dkomputer/laptop? Beberapa hari kemarin,saya mendapatkan masalah sperti ini dlaptop pacar saya. Saat mau di nyalain,dia g mau booting ke windows. Malah muncul tulisan invalid partition table error, bingung. Setelah cari2 info di internet,bnyk yg bilang pake software ini atau software itu,tp saya masi bngung cara makenya. Maklum, gaptek,hehe... Akhirnya saya instal ulang deh smua,saya format smua isi HDD,untungnya di laptop itu g ada data2 penting. Setelah saya install ulang,emg dia mau booting dan masuk ke window,tp karna permintaan,pengen ada 3 partisi di HDD,akhirnya dipartisi lg,nah setelah drestart,eh muncul lg itu "invalid partition table",saya partisi pake software Partition magic,g tau dmn salahnya ampe eror lg. Makin bngung lagi d. Saya cari2 lg info,akhirnya paman GOOGLE mengarahkan saya ke sebuah forum(saya lupa namanya),disitu djelasin gmn cara mengatasi masalah yg lg saya hadapi. Katanya dicoba di paralel ke komputer lain,tp g saya coba soalnya g punya kabel SATA buat hubungin HDD laptop sama komputer rumah. Lalu saya googling lagi,dan menemukan info lain,katanya kita bisa recover pake cd start up Windows 98. Ini langkahnya.

  1. Siapkan CD startup Windows 98
  2. Hidupkan komputer dan settinglah agar proses booting computer dimulai dari disket atau CD (karna laptopnya g ada cd room,saya pake cd room eksternal)
  3. Setelah proses booting Windows 98 berhasil, pada command prompt ketikkan perintah A:\>fdisk
  4. Kemudian pada layar yang menanyakan untuk meng-enable large disk support, ketikkan Y, dan tekan tombol Enter
  5. Pada layar utama FDisk Option kita bisa melihat beberapa menu sehubungan dengan pengaturan partisi pada harddisk, ketikkan angka 2pada pertanyaan Enter Choice: [ ], untuk memilih menu no.2 yaitu Set Active Partition, dan tekan tombol Enter
  6. Pada layar Set Active Partition, ketikkan partisi yang ingin anda rubah menjadi active, umumnya adalah partisi 1, pada pertanyaan Enter the number of the partition you want to make active……………: [  ]. Dan tekan tombol Enter.
  7. Jika tidak ada masalah maka pesan Partition 1 made active akan ditampilkan. Tekan tombol Esc untuk melanjutkan, dan tekan tombol Escsekali lagi untuk keluar dari layar FDisk
  8. Keluarkan disket ataupun CD dari drive-nya, dan cobalah untuk me-restar komputer anda.
Setelah saya coba cara diatas,alhamdulilah jalan lg laptopnya,tp g berani2 lg partisi HDDnya sebelum blajar sama yg uda ngerti,hehe...
Saya dapet info dari salah satu blog yg saya baca. Buat lengkapnya coba kunjungin link ini.
Selamat mencoba... Semoga berhasil...

1 comment: