Blog Pemula

23 July 2011

Belajar HTML Dasar

Kemarin saya iseng2 beres2 buku,eh ternyata saya nemu buku yg uda lama saya beli,tp blm sempet saya baca smua. Buku itu isinya tutorial dasar HTML,setelah saya baca2 lagi,ternyata isinya lumayan jg,penjelasan tentang HTML yg cukup mudah dpahami. Drpd lama lsg aja ya,tp sblmnya,disini saya hanya membagi ilmu yg saya dapat dari buku yg saya baca,saya bukanlah seorang ahli, saya juga adalah pemula yg masi harus bnyk belajar,jd klo ada yg salah2,jgn sungkan untuk membetulkannya.. oke....

HTML terdiri dari berbagai Tag yang digunakan untuk menandai dan mengatur tampilan halaman web yg akan kita buat. Disini kita coba bahas Tag <HTML>, <HEAD>, <TITLE>, dan <BODY>

Tag <HTML> dan </HTML> digunakan untuk menandai awal dan akhir sebuah dokumen HTML. Dokumen HTML dibagi jadi 2 bagian, yaitu kepala dokumen atau Tag <HEAD> dan bagian badan dokumen atau Tag <BODY>. Pada bagian kepala dokumen (<HEAD>),kita dapat menambahkan judul yg kita buat dg menggunakan Tag <TITLE>.

Untuk lebih memahami, kita coba praktek.


  • Buat satu folder dg nama LatihanHTML d drive C: komp temen2. Nanti folder itu dipake buat nyimpen file2 yg kita buat, dan nanti kita akan gunakan lg dalam latihan lain.(Karna isi buku yg saya baca panjang, mudah2an saya bisa trus membagi info yg saya baca dr buku tsb.. AMIN)
  • Jalankan Notepad.
  • Lalu coba ketikkan teks dibawah ini, ketik sama persis ya.


<HTML>
<HEAD>
<TITLE> ini judul web pertama saya </TITLE>
</HEAD>
<BODY>

Selamat datang di halama web saya yang pertama

</BODY>
</HTML>
  • Lalu temen2 save as file itu dg nama "lat1.htm", lalu save di folder yg tadi kita buat "LatihanHTML"
  • Lalu temen2 browse file yg tadi di save di folder "LatihanHTML", lalu cari file "lat1.htm", lalu dobel klik deh di file itu. Lalu lihat bagaimana hasilnya.
  • Kira2 hasilnya sperti ini

(A) Tampilan dari bagian Tag TITLE
(B) Tampilan dari bagian Tag BODY


Begitulah kira2 hasilnya nanti... Untuk sekarang cukup segitu dlu deh, cape ketiknya,hehehe.... Insya allah besok dilanjutkan lagi. Sekali lagi saya jg seorang pemula, jadi kalo emg ada salah2, jgn sungkan untuk membetulkan...
Semoga bermanfaat...

1 comment:

  1. sip memang harus begini untuk langkah awal nya dan supaya nanti kedepan nya lebih memahami..

    ReplyDelete